Optical Illusions

Optical illusion / ilusi optis / ilusi visual adalah perbedaan persepsi visual (fenomena yang terjadi pada penglihatan kita) terhadap suatu objek nyata. Secara garis besar dapat diartikan bahwa Informasi yang dikumpulkan oleh indera penglihatan kita dan diteruskan oleh otak tidak sama dengan fisik objek asli.

Mengapa bisa terjadi ilusi optis
Otak kita adalah sesuatu yang luar biasa, sebagai pusat kontrol dari seluruh aktivitas tubuh kita, termasuk indera penglihatan. Secara sadar ataupun tidak sadar, otak kita menyimpan berbagai hal yang rutin atau biasa ditangkap oleh mata kita sehari-hari.

Hal-hal tersebut menjadi sesuatu yang otomatis langsung dipersepsikan sebagai sebuah informasi tertentu. Contoh jika kita melihat simbol sendok dan garpu (gambar 1), maka otak kita akan otomatis mempersepsikan sebagai bentuk “hal yang berhubungan dengan makanan” atau “rumah makan”. Tetapi jika kita menyusun simbol tersebut seperti gambar 2, maka ada dua hal yang dilihat oleh mata kita, sendok dan garpu yang dipersepsikan sebagai rumah makan, atau muka manusia dengan dua sendok membentuk mata dan garpu membentuk hidung dan mulut. Hal ini menyebabkan otak kita bingung, fenomena inilah yang disebut Optical Illusion.

Selain itu, Optical Illusion juga dapat disebabkan oleh rangsangan/stimulus berulang-ulang dan dalam jumlah berlebihan terhadap suatu warna/tingkat kontras/ visual tertentu. Hal ini disebabkan karena mata menjadi lelah dan otomatis otak mempersepsikan hal tertentu. Persepsi yang dibangun bisa berupa ilusi gerak, ilusi Kontras, ilusi warna, maupun Ilusi Ruang 3D (kedalaman) (misal gambar 3: otak kita mempersepsikan garis tersebut miring; atau gambar 4: otak menjadi bingung membedakan lingkaran mana yang lebih besar)

Optical Illusion biasa dimanfaatkan oleh para seniman untuk karya mereka, misal karya M. C. Escher, yang sangat terkenal "Relativity, 1953.

Karya-karyanya sengaja menampilkan optical illusion sebagai fokus utama baik dalam ukuran, bentuk dan warna yang dapat mempengaruhi persepsi visual. Seakan-akan benda/objek tersebut hanya ada dalam mimpi manusia. Lalu bagaimana aplikasinya dalam sehari-hari? Optical Illusion menjadi dasar dari kamuflase militer hingga seni dan design periklanan

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About